PROFIL

Foto saya
Hidup adalah Perjuangan.

Adab di atas Ilmu

Share it Please

Jama’ah shalat jum’at yang dimuliakan Allah SWT !

Ada sebuah ungkapan yang sangat singkat, namun jika diteliti dan difahami dengan seksama ungkapan tersebut sangat bernilai dan bermakna. Ungkapan tersebut adalah :

بالأدب يفهم العلم وبالعلم يصلح العمل وبالعمل تنال الحمكة

Artinya adalah “ dengan adab (akhlak) maka ilmu akan difahami, dengan ilmu maka amal aka menjadi baik, dan dengan amal maka akan diperoleh hikmah”

 

Jama’ah shalat jum’at yang berbahagia !

Yang pertama, dengan adab (akhlak) maka ilmu akan difahami. Dari sini kita semua memahami bahwa salah satu syarat mutlak untuk memperoleh ilmu adalah dengan menunjukkan adab atau akhlak yang mulia. Kemuliaan akhlak seorang pencari ilmu akan sangat menentukan tingkat keberhasilannya dalam menuntut ilmu. Bahkan Imam Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim mengatakan bahwa :

من تعظيم العلم تعظيم المعلم

yang artinya adalah memuliakan guru adalah termasuk memuliakan ilmu.

 

Jama’ah shalat jum’at yang dimuliakan Allah SWT !

Oleh sebab itu, bagi siapa saja yang hendak menuntut ilmu atau sedang dalam proses mencari ilmu, hendaknya hal ini jangan sampai diabaikan dan dianggap sepele.

Ketahuilah bahwa :

الأدب فوق العلم

Akhlak itu berada di atas ilmu.

Menunjukkan akhlak yang mulia dalam proses mencari ilmu, akan menjadi jalan kemudahan dalam memperoleh ilmu. Hal ini berlaku untuk semua kalangan, artinya bahwa siapapun dia yang hendak menuntut ilmu, baik di tingkat dasar, menengah, bahkan tingkat atas, jika ingin dimudahkan oleh Allah SWT dalam menuntut ilmu, maka hendaknya ia mengedepankan akhlak yang mulia terhadap ilmu dan ahli ilmu. Ini adalah kunci kesuksesan dalam menuntut ilmu.

Bahkan Al Imam Malik pernah mengatakan :

 

تعلم الأدب قبل أن تتعلم العلم

 

Artinya adalah “belajarlah tentang adab (akhlak yang mulia) sebelum engkau mempelajari ilmu”

Pesan ini sangat penting untuk sama-sama kita fahami dan hayati, dimana akhlak yang mulia hendaknya selalu menjadi modal utama dalam meraih ilmu. Jangan sampai kita hanya giat menuntut ilmu tanpa peduli dengan akhlak dan tingkah laku. Na’udzu billah tsumma na’udzu billah ...

Jika kita memiliki tekad yang kuat dalam menuntut ilmu, maka adab dan akhlak yang mulia harus kita pegang teguh. Sebab tak sedikit manusia yang berilmu, namun keilmuannya tak membawa manfaat dan tak bermutu.

 

Jama’ah shalat jum’at yang dimuliakan Allah SWT !

Kemudian yang selanjutnya, dan dengan ilmu maka amal akan menjadi baik. Dalam hal ini, ilmu memiliki kedudukan yang sangat penting dan menentukan dalam ibadah setiap hamba. Amal ibadah yang selama ini kita lakukan, apakah sudah sesuai dengan ilmunya? Apakah kita laksanakan shalat sudah betul-betul memahami ilmu tentang shalat? Apakah saat ini kita melaksanakan ibadah puasa sudah tepat sesuai dengan ilmunya? Jika belum, maka sudah saatnya kita mulai benahi ibadah kita dengan ilmunya supaya semua amalan yang kita laksanakan diterima oleh Allah SWT.

Hal ini sejalan dengan unkapan Ibnu Ruslan dalam Kitab Zubadnya :

 

فكل من بغير علم يعمل أعماله مردودة لا تقبل

 

Jama’ah shalat jum’at yang berbahagia !!

Syekh Nawawi Al Bantani mengutip salah satu hadits Nabi Muhammad SAW dalam kitab Tanqihul qoul al Hatsits :

 

من انتقل أي تحول ماشيا أو راكبا من محله إلى محل آخر ليتعلم علما من العلوم الشرعية غفر له أي ما تقدم من ذنبه الصغائر قبل أن يخطو أي خطوة من موضعه إذا أراد بذلك وجه الله تعالى

 

Hadits tersebut di atas dapat kita jadikan motivasi yang sangat penting dalam memunculkan semangat untuk menuntut ilmu, terutama ilmu-ilmu agama. Jika kita betul-betul memahami kedudukan ilmu dalam setiap amal ibadah yang kita lakukan, maka tak ada kata lain kecuali semangat dan semangat dalam menimba ilmu Allah SWT.  

Bahkan Al Imam Ali Karramallahu Wajhah menegaskan bahwa :

 

الناس أعداء ما يجهلون

 

Semoga dengan giatnya kita dalam menuntut ilmu, kelak Allah SWT akan memudahkan kita dalam menempuh perjalanan menuju syurgana Allah SWT. Aamiin aamiin yaa rabbal aalamiin ....

 

Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : 

 

من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له طريقا إلى الجنة

 

Jamaah shalat jum’at yang dimuliakan Allah SWT !

 

Semoga melalui khutbah yang singkat ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk senantiasa memupuk semangat, menguatkan tekad dalam menuntut ilmu Allah SWT. sehingga ibadah yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT.

 

DENGAN IBADAH, ALLAH AKAN LIMPAHKAN RAHMAT

DENGAN ILMU, IBADAH AKAN TERASA NIKMAT

 

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

... يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين أوتو العلم درجات

 

بارك الله لي ولكم فى القرآن العظيم، ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم، وتقبل مني ومنكم تلاوته إنه هو السميع العليم، أقول قولي هذا وأستغفر الله العظيم لي ولكم ولسائر المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه، فيا فوز المستغفرين ويا نجاة التائبين

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About