PROFIL

Foto saya
Hidup adalah Perjuangan.

Keutamaan Istighfar

Share it Please

 Jama’ah shalat jum’at yang dimuliakan Allah SWT !

Dalam setiap kesempatan, tak sedikit kita mendapatkan nasihat yang sangat indah dan mengingatkan kita bahwa manusia itu adalah makhluk yang lemah وخلق الإنسان ضعيفا dan ketahuilah bahwa manusia, kita semua yang berada di masjid ini, tak punya daya dan upaya kecuali atas pertolongan Allah SWT لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

Oleh karena itu, maka sudah sepatutnya bagi kita semua untuk senantiasa mendekat dan terus mendekat kepada Allah SWT dengan jalan ibadah dan memohon ampun atas segala dosa. Jika ada manusia yang tak pernah melakukan perbuatan dosa dan senantiasa mendapatkan jaminan ampunan dari Allah SWT itu hanya baginda Nabi Muhammad SAW.

Kita suka mendengar bahwa الإنسان محل الخطإ والنسيان artinya manusia itu tempatnya salah dan lupa. Hal ini bukanlah menjadi sebuah alasan bagi setiap manusia untuk lupa ibadah, lupa shalat, lupa puasa, dan melupakan ketaatan lainnya. Hendaknya hal tersebut dijadikan cambuk dan pengingat bagi kita semua bahwa hidup ini tidaklah untuk selamanya, jangan sampai kita lupa bahwa masih ada kehidupan yang abadi di balik kemewahan dan keindahan di dunia ini.

Jama’ah shalat jum’at yang dimuliakan Allah SWT !

Setelah kita mengetahui bahwa manusia tak pernah luput dari dosa dan kesalahan, maka sudah saatnya kita pun memahami bahwa ada satu amalan yang patut selalu kita jalankan agar segala dosa dan kesalahan yang pernah kita lakukan senantiasa diampuni oleh Allah SWT. Amalan itu tidak lain adalah istighfar.

Secara bahasa, istighfar berasal dari kata استغفر يستغفر استغفار yang artinya adalah memohon ampun. Permohon ampunan yang disampaikan oleh manusia sebagai makhluk kepada Allah SWT sebagai khaliq, sang pencipta.

Dalam sebuah hadits dikatakan كل بني آدم خطاء وخير الخطائين التوابون artinya adalah bahwa setiap anak Adam yakni manusia itu pasti melakukan kesalahan, dan sebaik-baiknya orang bersalah adalah yang mampu bertaubat atas kesalahannya. Dalam hadits lain, seperti yang dikutip oleh Syekh Nawawi Banten dalam kitab tanqihul qaul al hatsits, Rasulullah SAW bersabda لكل داء دواء ودواء الذنوب الاستغفار artinya setiap penyakit pasti ada obatnya, dan obatnya segala dosa adalah dengan membaca istighfar (memohon ampunan kepada Allah SWT).  

Jama’ah shalat jum’at yang dimuliakan Allah SWT !

Membaca istighfar merupakan jalan terbaik bagi kita untuk mendekat kepada Allah SWT, yakni kedekatan hamba kepada penciptanya. Bahkan bukan hanya sampai di situ, membaca istighfar memiliki banyak faidah, di antara faidahnya adalah sebagaimana disampaikan dalam hadits Nabi Muhammad SAW من لزم الاستغفارجعل الله له من كل ضيق مخرجا ومن كل هم فرجا ورزقه من حيث لا يحتسب، رواه أبوداود وابن ماجه وأحمد artinya siapa yang melazimkan membaca istighfar maka Allah SWT akan jadikan solusi bagi setiap kesulitan, Allah SWT jadikan kesenangan bagi setiap kesusahan, dan Allah SWT berikan rezeqi yang tak disangka-sangka olehnya. Bahkan dalam redaksi yang lain, Rasulullah SAW menyampaikan أكثروا من الاستغفار فمن أكثر منه جعل الله له من كل غم وهم فرجا ورزقه من حيث لا يحتسب Artinya perbanyaklah membaca istighfar, maka siapa yang memperbanyak membacanya niscaya Allah SWT akan jadikan kelapangan dan kebahagiaan dari setiap kesempitan dan duka cita bahkan Allah SWT akan berikan kepadanya rezeqi yang tidak disangka-sangka.

Jama’ah shalat jum’at yang dimuliakan Allah SWT !

Dengan jalan melazimkan membaca istighfar, semakin difahami bahwa kita hanyalah makhluk lemah yang tak luput dari salah dan dosa. Dengan mengamalkan istighfar di setiap waktu dan kesempatan, mudah-mudahan Allah SWT akan mendatangkan solusi dari setiap permasalahan dan memberikan rezeqi kepada kita dari jalan yang tak disangka-sangka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About